Sunday, July 18, 2010

amalan utama di bulan ramadhan



Karena banyaknya karunia dan berkah yang diberikan oleh Allah SWT di Bulan Ramadhan ini, kita dianjurkan untuk melakukan perbuatan yang baik, diantaranya adalah :

1. SEDEKAH Rasulullah SAW adalah orang yang sangat dermawan, apalagi di Bulan Ramadhan. Beliau Bersabda : “Barang siapa memberi makanan untuk berbuka puasa kepada orang yang berpuasa, ia berhak atas pahalanya tanpa mengurangi sedikitpun pahala orang yang berpuasa tersebut”. (HR. At-Thabrani & At-Turmudzi)



2. QIYAMU RAMADHAN Shalat Tarawih artinya sholat yang dilakukan pada malam hari setelah sholat isya’ selama Bulan Ramadhan. Istilah ini muncul setelah Nabi wafat. Di Mekkah melaksanakan sholat dengan santai (tarawihan). Pada masa Nabi hidup, sholat ini disebut dengan Qiyamu Ramadhan, sepeninggal Nabi, Para sahabat di Makkah melaksanakan sholat dengan Tarawihan (santai).



3. MEMPERBANYAK BACA AL-QUR’AN Dianjurkan di Bulan Ramadhan membaca Al-Qur’an, karena Rasulullah SAW memperbanyak membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan dan Malaikat Jibril datang kepada beliau untuk membacakan al-Qur’an. Demikian pula Rasulullah SAW membaca Al-Qur’an di BUlan Ramadhan lebih lama daripada bulan-bulan yang lain. Rasulullah SAW bersabda : “Puasa dan Al-Qur’an memberi syafa’at kepada seorang hamba pada hari kiamat”. Puasa berkata ; “Tuhan, aku melarangnya makan dan minum disisang hari. Al-Qur’an berkata : “Tuhan, aku melarangnya tiidur di malam hari, maka izinkan kami memberi syafa’at”. (HR. Ahmad dan Nasa’i)



4. I’TIKAF I’tikaf itu adalah berdiam diri atau menetap dan tinggal di dalam masjid dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah SWt. dari ‘Aisyah r.a. : “Sesungguhnya Nabi Muhammad SAW melakukan i’tikaf pada sepuluh terakhir dalam Bulan Ramadhan, hingga Beliau wafat”. Dalam i’tikaf disunnahkan memperbanyak ibadah sunnah seperti sholat, membaca Al-Qur’an, berdzikir, bertasbih, bertahmid, bertakbir, tahlil, bersholawat atas Nabi, dan amalan sunnah lainnya (termasuk belajar ilmu agama) yang bertujuan mendekatkan diri kepada Allah SWT.



5. MENCARI LAILATUL QADAR Lailatul Qadar adalah malam yang paling utamasepanjang tahun yang ada di Bulan Ramadhan berdasarkan firman Allah SWT dalam Al-Qur’an yang artinya : “Seseungguhnya Kami telah menurunkan Al-Qur’an pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu ? Malam Kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan”. (QS. Al-Qadar 1-3)



6. MELAKSANAKAN UMRAH Bagi orang yang dikaruniai oleh Allah SWT rezeki yang cukup, bahkan berlebih dan mempunyai kelonggaran waktu, maka sebaiknya di sempatkan untuk menunaikan umroh. karena umroh yang dilakukan pada Bulan Ramadhan sama nilainya dengan Haji. Rasulullah SAW bersabda : “Umroh di bulan Ramadhan sama dengan Haji bersamaku satu kali”. (Muttafaqun ‘aliahi) MARI KITA RAIH BERKAH & MANFAAT SEBANYAK-BANYAK DI BULAN YANG MULIA INI. SEMOGA KITA MENJADI ORANG YANG MUTTAQIIN. AMIIN …

No comments:

Post a Comment